Solusi Feng Shui untuk Gangguan Tidur – Jejak Leluhur ANTV edisi Gangguan pada Tidur & Mimpi

Solusi Gangguan Tidur

Gangguan Tidur dan mimpi dibahas secara mendalam dari berbagai sisi dalam acara Jejak Leluhur ANTV edisi Gangguan Tidur & Mimpi September 2016 yang lalu. Yulius Fang sebagai narasumber Feng Shui dari Feng Shui Consulting Indonesia, menjadi salah satu ahli yang menganalisis dari sudut pandang Feng Shui mengapa penghuni rumah tersebut mengalami gangguan tidur dan apa solusinya.

Dalam acara Jejak Leluhur edisi Gangguan pada Tidur & Mimpi tersebut, dibahas contoh kasus nyata seorang wanita bernama Ibu Roro, di mana dirinya selalu merasa tertindih saat tidur. Fenomena ketindihan ini seringkali disebut dengan rep-rep. Dalam dokumentasi Jejak Leluhur tersebut, diceritakan bahwa Ibu Roro berusaha mencari tahu penyebab dan solusi permasalahannya ini kepada berbagai ahli, termasuk dari kedokteran, psikiater, paranormal dan pakar Feng Shui.

Dalam artikel ini, kami khusus membahas dari sudut pandang Feng Shui antara lain: bagaimana Feng Shui rumah tinggal Ibu Roro yang berlokasi di Depok tersebut, apa efeknya kepada para penghuni dan apa solusi Feng Shui untuk gangguan tidur tersebut.

Apa itu Feng Shui?

Berikut hasil analisis Feng Shui dan solusinya untuk rumah tinggal Ibu Roro agar seluruh penghuni akan lebih sehat dan harmonis, terutama untuk Ibu Roro agar permasalahan gangguan tidur berupa tindihan bisa diatasi:

ANALISIS PENGHUNI RUMAH – IBU RORO

Berdasarkan data kelahiran Ibu Roro, diketahui bahwa Ibu Roro memiliki elemen diri Kayu Besar dengan elemen favorit adalah Api dan Tanah. Elemen diri Kayu Besar biasanya memberi pengaruh karakter yang positif antara lain baik hati, ramah, murah hati, suka menolong, belas kasihan, berprinsip, mau maju, pantang menyerah. Di sisi lain, pengaruh karakter negatif dari Kayu Besar antara lain: keras kepala, kaku, kurang fleksibel, sulit beradaptasi, mudah stress/depresi.

BaZi & ZiWei Chart Bu Roro
BaZi & ZiWei Chart Ibu Roro

Faktor energi bawaan lahir (BaZi & ZiWei) Ibu Roro serta energi periode waktu yang berjalan sekarang ini membawa masalah terhadap sektor kejiwaan/mental. Hal ini mengakibatkan banyak pikiran, kualitas dan kuantitas tidur berkurang, serta faktor kesehatan (sistem saraf dan pernafasan). Inilah salah satu faktor yang membuat Ibu Roro dapat mengalami gangguan tidur dimanapun ia berada, tidak hanya di rumah saja, tapi saat traveling pun bisa terjadi hal ini.

Apa itu BaZi?

Ibu Roro disarankan untuk dapat menjaga gaya hidup sehat serta belajar mengelola stres dengan baik. Beberapa caranya antara lain: menyederhanakan gaya hidup dan memilih profesi/kegiatan yang tidak begitu stres atau tidak banyak tekanan. Bila ada sesuatu masalah yang tidak bisa dikontrol, hendaknya tetap melakukan yang terbaik namun hasilnya dipasrahkan saja kepada Tuhan YME. Banyak amal ibadah bisa membantu mengurangi energi dan daya negatif yang ada.

ANALISIS LINGKUNGAN LUAR BANGUNAN RUMAH TINGGAL

Denah Rumah Penderita Gangguan Tidur
Denah Rumah Ibu Roro

Melalui analisis dari lokasi lingkungan luar bangunan (landform), diketahui bahwa kualitas energi bangunan berada di bawah standar karena tidak didukung oleh energi dari bukit, tidak ada pelindung energi di kiri dan kanan, juga tidak mendapatkan energi air (sungai), kemampuan lokasi menghimpun energi sangat rendah karena di depan rumah juga adalah jalan perumahan yang kecil.

Di area depan bangunan lantai dasar & lantai atas, terdapat energi perusak, yaitu: tower BTS (± 100m jaraknya), tiang listrik di depan rumah (2 buah), tiang parabola di lantai atas. Di lantai dasar juga terdapat beberapa tiang pilar penyangga pondasi rumah (3 buah) yang mengganggu / merusak energi masuk ke dalam rumah karena jaraknya terlalu dekat ke pintu utama rumah.

Daerah sekeliling bangunan belakang adalah tanah kosong yang didominasi oleh pohon-pohon besar dan lebat. Bentuk fisik & atap bangunan yang ditempati mempunyai unsur logam yang kuat.

Beberapa faktor eksternal lokasi lingkungan yang kurang baik di atas memang tidak dapat diubah, namun oleh karena itu sangat disarankan untuk mengoptimalkan faktor-faktor lainnya terutama internal rumah untuk mengkompensasi kekurangan ini.

Hadap bangunan dan pintu utama adalah Selatan 184° (Tikus) dan duduk di Utara 4° (Kuda). Hadap bangunan Selatan ini (untuk lokasi belahan bumi selatan) adalah berenergi Air, yang secara personal kurang cocok dengan Ibu Roro (diketahui dari analisis astrologi BaZi & ZiWei). Arah hadap dan duduk ini berpotensi membawa masalah gangguan kesehatan, masalah rumah, rejeki, dan hubungan. Banyaknya material dari logam di area luar rumah ini, misalnya tiang parabola semakin memperkuat unsur Air (Tikus) yang kurang harmonis terhadap Ibu Roro.

Pemetaan Zodiak Solusi Gangguan Tidur
Denah Rumah dengan Pemetaan 12 Zodiak

Posisi pintu utama rumah kurang bagus karena mendapatkan energi yang kurang harmonis selama di periode 8, formasi ini merupakan bintang gunung yang jatuh di air, buruk dalam hal kesehatan dan keharmonisan. Rekomendasi Feng Shui yang memiringkan pintu ke arah tenggara (Kerbau), disamping mengubah unsur energinya maka juga sekaligus mengubah jenis energinya, sehingga menjadi harmonis terhadap semua penghuni rumah.

Memasukkan energi angin dari area Utara (belakang rumah), atau dari bagian tengah rumah juga sangat disarankan, Ibu Roro dapat membuat jendela di belakang rumah atau membuat lubang angin kecil di tengah atap rumah.

PENCAHAYAAN

Depan pintu masuk bangunan sangat gelap (karena penggunaan kanopi hitam) & lebatnya pohon bambu di kanan depan. Hal ini menyebabkan bagian tengah dan dalam rumah cukup gelap. Meski ada jendela tetapi tirai menghalangi cahaya masuk. Pencahayaan alami dalam rumah sangat gelap (<30lux), ini merupakan pertanda rumah kekurangan energi Yang (Yang Qi). Dalam Feng Shui, sangat disarankan untuk membuat rumah lebih terang dengan pencahayaan alami dari matahari, pohon depan rumah dipangkas jangan terlalu lebat, atap kanopi diganti dengan warna lebih cerah, memasang kaca tempered (sky light) di tengah ruangan (area Void).

SIRKULASI UDARA

Sirkulasi udara dan angin masuk dari luar ke dalam rumah sangat minim, padahal di area luar banyak terdapat angin mengalir. Meskipun ada jendela dan pintu, tapi jarang dibuka karena lebih senang menggunakan AC. Area belakang/samping rumah tidak terdapat jendela, sehingga tidak terjadi pertukaran udara yang baik. Situasi udara dalam rumah terasa sesak, kurang oksigen, terutama saat pintu dan jendela tidak terbuka. Disarankan Ibu Roro menambah jendela di bagian belakang/samping rumah untuk sirkulasi bila dimungkinkan. Cara lain adalah memasang kipas angin untuk membantu sirkulasi angin dalam rumah. Disarankan juga untuk sering membuka pintu dan jendela demi meningkatkan sirkulasi udara dan angin masuk ke dalam rumah, minimal sehari adalah 1-2 jam terutama di pagi dan sore hari.

Dalam rumah terdapat banyak sekat partisi dan dinding, menghalangi distribusi udara masuk ke dalam rumah. Sekat partisi dalam rumah ini lebih baik dihilangkan/dikurangi, gunanya agar rumah lebih plong dan udara mengalir lebih bebas. Rak TV pajangan di tengah rumah sebagai penyekat dapat dipindahkan rapat ke dinding dan rumah akan terasa lebih luas.

ALOKASI RUANGAN & INTERIOR RUMAH

Alokasi ruangan kamar tidur utama kurang tepat dan posisi ranjang berada di sektor yang tidak bagus, berpotensi menimbulkan gangguan sakit baik fisik/medis maupun gangguan sakit metafisik/non medis, potensi sakit yang berulang dan hubungan bermasalah dalam kamar. Dalam konteks kasus kesehatan adalah adalah gangguan tidur (tindihan / rep-repan) yang sering dialami oleh Ibu Roro.

Ruang tidur utama lantai atas bisa dipindahkan ke area sektor Tenggara (Kerbau), yaitu mengubah ruang tidur anak menjadi ruang tidur utama dan posisi pintu kamar tidur anak tersebut diubah ke posisi tenggara. Sektor Tenggara lebih cocok untuk Ibu Roro dan kamar ini memiliki jendela yang memungkinkan masuknya sinar matahari alami serta sirkulasi udara yang lebih baik.

Disarankan untuk Ibu Roro, dalam jangka waktu lama lebih baik menempatkan ranjang di sektor berenergi bintang gunung yang baik, ini berguna untuk mengurangi gangguan tidur tindihan/rep-repan. Posisi ranjang juga sebaiknya tidak tidur tepat di bawah AC karena bisa mengalami gangguan kesehatan.

Bintang Terbang Rumah untuk Solusi Gangguan Tidur
Denah Rumah dengan Pemetaan Bintang Terbang

Langit-langit bangunan sebagian besar tidak ditutupi plafon, bentuknya terbuka dan terlihat bentuk atap bangunan yang bentuk segitiga. Terutama di kamar tidur, langit-langit yang tinggi dan runcing akan membuat perasaan tidak nyaman saat tidur serta distribusi energi kurang lancar. Disarankan untuk memasang atap plafon terutama untuk semua ruang kamar tidur agar langit-langit rata.

Dapur lokasinya sudah tepat, tapi karena tidak ada jendela belakang maka exhaust fan masih kurang. Bu Roro dapat memasang exhaust fan tambahan di area dapur agar polusi udara dalam rumah, terutama saat memasak, bisa diminimalkan/dihilangkan.

Tangga di belakang desainnya kurang baik untuk anak-anak dan orang tua, tangga terletak di area yang kurang tepat karena menempati sektor yang bagus (tangga sebaiknya diletakkan di ke tempat yang agak kurang penting, karena lokasi bagus bisa ditempati untuk pintu, jendela, kamar, dll). Untuk ini, jika tangga tidak bisa dipindahkan, maka penghuni disarankan lebih berhati-hati saja saat menaiki tangga dan berfokus untuk mengoptimalkan ruangan lain.

Toilet juga salah letak karena menempati posisi sektor keuangan personal, sehingga menekan keuangan Ibu Roro. Kekurangan ini akan coba untuk diperbaiki dengan memastikan posisi ruangan tidur berada di sektor yang baik.

Area Timur bangunan (berunsur Kayu) di lantai atas didominasi oleh barang-barang dari Logam, misalnya : alat-alat fitness, mesin jahit, komputer (PC). Konflik logam dan kayu akan berpotensi menimbulkan gangguan syaraf, stress, penampakan makhluk, gangguan organ berunsur kayu, dll. Penempatan barang-barang logam di area Timur bangunan sebaiknya dikurangi, dapat dipindahkan ke area lain, hindari area Timur (Kayu) dan Selatan (Air).

Cat warna rumah dan wallpaper warna hijau/turqo (terutama cat outdoor) kurang cocok untuk rumah menghadap ke Selatan dan kurang cocok juga terhadap energi personal Ibu Roro. Beberapa ruangan ada yang dicat dengan warna konflik misalnya merah/pink (elemen Api) dipadu dengan biru (elemen Air) atau hijau (elemen Kayu) dipadu dengan kuning/coklat muda (elemen Tanah). Pengaruh cat ini meskipun kecil tetapi masih membawa pengaruh ketidakharmonisan. Cat warna rumah bisa menggunakan warna yang lebih netral seperti warna putih atau krem.

Sebagai saran tambahan untuk menambah hoki setiap tahunnya, Bu Roro juga direkomendasikan menggunakan pengaturan energi Feng Shui Tahunan untuk hasil baik tercepat. Pengaturan Feng Shui Tahunan berarti menempati sektor dengan energi baik tahun tersebut, misalnya untuk tempat tidur, tempat kerja, tempat duduk/sofa, dll.

Beberapa solusi lainnya yang disarankan secara khusus dan lebih mendetail telah diberikan langsung kepada Bu Roro, tidak diungkapkan semua di sini.

Kesimpulan dari kasus gangguan tidur ini adalah bahwa masalah gangguan tidur yang dihadapi Ibu Roro merupakan akumulasi dari berbagai hal yaitu energi bawaan lahir, gaya hidup dan kondisi lingkungan sekitarnya terutama rumah tinggal. Semua faktor perlu diperhatikan dan diperbaiki untuk mengatasi gangguan tidur tersebut. Meskipun memang banyak hal yang harus dikerjakan, lakukan secara bertahap dengan konsisten, maka satu per satu masalah akan terurai dan semoga kehidupan Ibu Roro juga akan menjadi lebih baik.

Terima kasih Tim Jejak Leluhur & ANTV atas undangannya, juga kepada Ibu Roro yang telah memperbolehkan kami melakukan analisis, semoga sehat dan sukses selalu, sampai bertemu kembali di lain kesempatan 🙂

Follow / like / subscribe Media Sosial kami untuk berbagai tips & pengetahuan Feng Shui meningkatkan peruntungan Anda. Klik link berikut:

Facebook: Feng Shui Consulting Indonesia

Instagram: @fengshui.co.id

Youtube: Feng Shui Consulting Indonesia

Twitter: @fengshuicoid

Latest posts by Yulius Fang (see all)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page