Feng Shui Tahun Monyet Api 2016 : Ekonomi Dunia dan Indonesia

tahun monyet api 2016

Tahun Monyet Api 2016 telah datang, Happy Chinese New Year :)

Di tahun yang baru, persiapkan diri Anda untuk segala perubahan yang akan terjadi, termasuk di bidang ekonomi. Berikut analisis Ekonomi dunia dan Indonesia oleh pakar Feng Shui, Yulius Fang dari Feng Shui Consulting Indonesia (fengshui.co.id / konsultasifengshui.com). Semoga bermanfaat dan salam sukses !

Di tahun 2016, negara Barat akan mendapatkan perlambatan ekonomi. Meskipun demikian, di antara negara Barat, Amerika masih cukup bagus meski mengalami masa sulit. Negara Timur akan semakin produktif untuk mengejar pertumbuhan terutama untuk negara berkembang (India, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, dll), tapi di sisi lain masih akan ada tekanan seperti defisit transaksi / berkurangnya devisa dari ekspor karena faktor global.

Tahun Monyet Api 2016 adalah tahun yang sangat menantang bagi China, karena masih akan mengalami perlambatan. Bahkan bila sampai terjadi kesalahan dalam mengambil keputusan atau kurang waspada oleh pemerintah, maka ada potensi mengalami masalah ekonomi cukup berat, terutama di bulan Mei dan Agustus 2016.

Dengan demikian, adanya ekonomi China yang melemah dan Amerika yang cukup baik bertahan, membuat Rupiah berpotensi melemah. Nilai tukar Rupiah dengan USD, selama tahun 2016 masih akan fluktuatif dengan kisaran Rp. 13.500,- sampai Rp. 14.700,-.

Ekonomi Indonesia pada semester 1 tahun 2016 masih kurang menggembirakan. Tidak ada pertumbuhan yang signifikan di sektor riil, meskipun adanya penurunan harga minyak dan gas. Tingkat pertumbuhan ekonomi diprediksi masih akan sama dengan tahun 2015. Disarankan untuk menjalankan strategi bertahan, bukan strategi spekulasi untuk para pelaku bisnis.

Bidang usaha yang akan berpeluang baik di Indonesia, di semester 1 tahun 2016, adalah bisnis yang berelemen (berurutan dari yang paling bagus, cek contoh bidang usaha / bisnis masing-masing elemen di keterangan di bawah):

  1. Logam, berjalan cukup lancar dan adanya peningkatan pendapatan. Khusus bidang logam yang terpengaruh penurunan nilai tukar Rupiah, akan mengalami sedikit hambatan. Bisnis Emas di semester 1 tahun 2016 berpeluang cukup bagus dari segi transaksi maupun harga emas.
  2. Api, ada produktivitas dan berjalan lumayan
  3. Kayu, meski mengalami persaingan, tetapi juga mendapatkan pemasukan
  4. Air, ada produktivitas, tetapi juga mengalami tekanan/stres, lakukan strategi bertahan.

Bisnis yang agak kurang di semester 1 tahun 2016 adalah elemen Tanah, karena selain persaingan yang ketat, juga mendapat tekanan / stres, ada penjualan tetapi pendapatan yang diterima terkadang tidak sepadan.

Ekonomi Indonesia di semester 2 tahun 2016 ada perbaikan tapi masih kurang signifikan, ini dikarenakan masih ada dampak pengaruh ekonomi global. Pelaku bisnis harus mencari cara kreatif dan tidak lazim guna mencari peluang pasar, terutama bisnis yang berhubungan dengan ekspor. Pemerintah atau pebisnis dapat berfokus pada sektor jasa (contoh : pariwisata, keuangan, pendidikan, kesehatan) dan sektor konsumtif untuk meningkatkan pendapatan.

Bidang usaha yang akan berpeluang baik di semester 2 tahun 2016, berurutan dari yang terbaik:

  1. Air, ada peningkatan pendapatan dan kelancaran dalam usaha
  2. Tanah, ada produktivitas yang bagus, pasar perlahan tapi pasti mulai ramai kembali
  3. Api, ada peluang bagus dan bila tidak hati-hati akan mendapatkan persaingan tinggi
  4. Kayu, ada pertumbuhan dan tekanan sekaligus, bergulat di tengah kesulitan

Yang agak kurang adalah bisnis berelemen Logam. Bisnis elemen Logam akan mendapatkan tantangan cukup berat. Khusus bisnis emas di semester 2 tahun 2016, transaksi beli akan berkurang, harganya berpeluang cukup bagus untuk naik, tetapi rawan koreksi.

Saran untuk berinvestasi di tahun 2016 adalah mengalokasikan investasi kepada instrumen yang beresiko rendah (deposito, obligasi, dll) sampai yang beresiko moderat. Alokasi investasi disarankan 70% resiko rendah dan 30% resiko moderat. Hindari investasi yang terlalu spekulatif dengan tingkat resiko yang tinggi.

Keterangan Contoh Bidang Bisnis Berdasarkan Elemen

Elemen Air Pariwisata, Ekspedisi, Perikanan, Transportasi, Beverages / Minuman, Café, Bar, Leisure & Night entertainment, Information Technology (IT).

Elemen Tanah Properti, Perbankan, Grosir Barang Ritel – Supermarket / Shopping Centre, Pergudangan, Plastik, Koperasi, Peternakan, Agrikultur.

Elemen Api Bahan Bakar, Energi, Restauran, Bengkel Las, Peralatan Elektrikal, Lampu, Kimia, Showbiz, Kosmetik, Keuangan, Saham, Asuransi (Unit Link), Pendidikan.

Elemen Kayu Perhutanan, Perkebunan, Tekstil, Tumbuhan, Kesehatan, Spa, Percetakan, Buku, Furnitur/Meubel, Lifestyle.

Elemen Logam Otomotif, Sparepart, Alat-alat berat, Perhiasan, Mineral, Mesin, Senjata, Money Changer, Forex, Hukum, Politik, Bisnis Perawatan Kulit & Kecantikan, Salon, Toko Komputer, Elektronik, Jam, Barang Seni

Simak prediksi secara umum berdasarkan Feng Shui untuk tahun Monyet Api 2016 di artikel berikut:

Feng Shui 2016 Tahun Monyet Api : Prediksi Potensi Peristiwa Umum

Bagi Anda yang ingin tahu peruntungan Anda secara umum di tahun 2016, cek artikel berikut:

Ramalan Shio 2016 Tahun Monyet Api : Ciong & Solusinya

 

Yulius Fang

Yulius Fang adalah seorang Pakar Feng Shui profesional di Indonesia, seorang praktisi, konsultan, dan periset. Ia mendapatkan sertifikasi tingkat tinggi dari beberapa Grand Master Feng Shui yang terbaik dari berbagai negara

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *