Feng Shui Bisnis 2019 Tahun Babi Tanah – Ekonomi Dunia & Indonesia (Economic Outlook & Economic Challenges)

feng shui bisnis 2019

Feng Shui Bisnis 2019 Tahun Babi Tanah akan melihat pandangan ekonomi (Economic Outlook) dan tantangan-tantangan ekonomi (Economic Challenges) yang dilihat dari sudut pandang ilmu Feng Shui yaitu mengupas pengaruh elemen Babi Tanah 2019 yang datang ke dunia bisnis serta ekonomi di dunia dan Indonesia secara khususnya. Analisis Feng Shui ini telah dilakukan oleh Yulius Fang – Feng Shui Consulting Indonesia di bulan Oktober 2018 dan telah dipresentasikan dalam acara Bisnis Indonesia 2019 Business Challenges yang diselenggarakan pada tanggal 26 November 2018.

Tahun Babi Tanah adalah tahun berelemen Air Besar (yang berada dalam Shio Babi) bertemu dengan elemen Tanah Kecil yang datang bersamaan, namun dalam kondisi kurang harmonis karena pada dasarnya elemen tanah menghambat elemen air atau elemen tanah mencemari/mengotori elemen air. Jadi, hubungan elemen Air Besar dan Tanah Kecil ini berada dalam siklus destruktif dan saling merugikan satu sama lainnya, yaitu Tanah menjadi labil dan Air menjadi kotor kualitasnya.

Elemen Tanah Kecil bersifat stabil, aman, sabar, bertanggung jawab namun lambat, konstan dan kurang tegas. Elemen Air Besar bersifat dinamis, fleksibel, bijak, cerdas, hati-hati namun ada khawatir, takut, pesimis, emosi, ceroboh dan santai. Kedua elemen ini datang bersamaan di tahun 2019 memberikan gambaran di mana tahun tersebut dari luar terlihat stabil, lambat dan santai; meski begitu di dalamnya ada sedikit dinamisme pertumbuhan, namun juga tersimpan pesimisme, tantangan dan kekhawatiran. Hal ini terkadang membuat para pelaku bisnis/ekonomi kurang bisa berpikir jernih dan cenderung menunda karena ada rasa khawatir tersebut.

Dalam ekonomi dunia 2019, para pelaku bisnis/ekonomi masih akan memilih untuk berhati-hati dan mencari aman. Pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan masih melambat di mana angkanya tidak akan terlalu berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, yaitu sekitar 3.0 – 3.1%. Hal ini sebagian disebabkan karena kekhawatiran dan ketidakpastian pasar global, terutama karena adanya perang dagang antara Amerika dan China. Perang dagang antara Amerika & China, dalam jangka pendek berpotensi dimenangkan oleh Amerika namun bila berlangsung sampai dengan jangka panjang keduanya akan mengalami kerugian seperti peribahasa “Menang jadi Arang, Kalah jadi Abu”. Kedua negara sama-sama akan mengalami kehilangan peluang pada akhirnya.

Untuk ekonomi Amerika 2019, diperkirakan akan sedang saja pertumbuhannya. Tingkat pertumbuhan ekonomi Amerika diperkirakan 2,5 – 2,7%. Pasar keuangan Amerika berpotensi adanya volatilitas tinggi, di mana fluktuasi saham berpeluang kemungkinan terjadi di kuartal 1 & kuartal 4. Untuk masalah ekonomi yang berpotensi dihadapi oleh Amerika adalah kondisi inflasi dan uang ketat. Untuk hoki Presiden Donald Trump secara pribadi di tahun 2019 antara lain meskipun telah bekerja keras untuk pemerintahannya namun hasilnya biasa saja, adanya pendapatan tapi problem terhadap manajemen finansial, hutang atau pinjaman. Presiden Donald Trump di satu sisi masih akan mendapatkan dukungan dan populer, namun sisi lain berpotensi juga mengalami konflik, bermasalah dengan para pendukung atau bawahannya, yang akan berpengaruh pada reputasi dan kehilangan kesempatan. Presiden Donald Trump tahun 2019 ini juga memiliki potensi masalah dalam hal dokumen/kontrak/perjanjian.

Untuk ekonomi China (Tiongkok) 2019, diperkirakan akan melambat dengan tingkat pertumbuhan antara 6,3 – 6,5%. Hoki Presiden Xi Jin Ping pribadi di tahun 2019 adalah memiliki tingkat produktivitas, kerja keras dan investasi yang hasilnya bagus. Dari luar terlihat popularitas meningkat tetapi di dalamnya banyak ketidakpuasan dari rakyat dan lawan politik. Presiden Xi Jin Ping juga memiliki potensi untuk konflik dengan bawahan dan supporter. Kemudian untuk tahun 2019, Presiden Xi Jin Ping akan mengalami masalah dalam hal reputasi dan konflik untuk urusan di luar/berhubungan dengan pihak luar atau negara lain. Presiden China ini akan mengambil keputusan yang kontroversi karena kurang bisa berpikir jernih dan berpotensi membuat keresahan/kekhawatiran terhadap situasi dunia internasional.

Untuk ekonomi Indonesia di tahun 2019 meski ada sedikit perbaikan tapi juga diperkirakan masih akan sedikit melambat. Tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan antara 5.0 – 5.2%. Indonesia di tahun 2019 berada di posisi yang kurang nyaman karena imbas dari faktor global dan faktor domestik yaitu Pemilihan Presiden 2019. Tidak bisa dipungkiri bahwa suasana politik di Indonesia akan membuat para pelaku bisnis cenderung wait & see sehingga akan ada penundaan (mis investasi/ekspansi). Di tengah ekonomi yang melambat ini, akan ada potensi deflasi karena orang-orang akan lebih berhati-hati untuk berbelanja, menahan diri dan mencari aman. Di tahun Babi Tanah 2019, potensi pengangguran sebaiknya lebih diperhatikan agar tidak terjadinya pengangguran terselubung meningkat. Problem demo mis : buruh, di tahun Babi Tanah 2019 juga berpotensi meningkat dan cenderung mengkhawatirkan.

Pemerintah Indonesia disarankan untuk menggalakkan lebih banyak ekspor, memberikan lebih banyak insentif fiskal/moneter, serta meningkatkan Ekonomi Kreatif, Digital (Fintech) dan UKM. Sektor pariwisata agak terkendala di tahun babi tanah 2019 ini, solusinya harus melakukan cara promosi lebih kreatif dan bekerjasama dengan pihak lain agar pemasaran bisa lebih efektif dan efisien. Di sisi lain perbaiki sarana dan prasarana tempat wisata, mis kebersihan dan kerapihan, agar tetap terpelihara daya tariknya, serta fokus membina/mengupgrade kualitas pemandu wisata lokal mis : lebih fasih berbahasa asing dan bisa memberikan servis yang terbaik.

Hoki pribadi Presiden Jokowi di tahun 2019, di semester 1 2019 akan mengalami peningkatan pendapatan yang bersifat reguler diiringin dengan energi kekuasaan yang meningkat. Kemudian juga berpotensi mendapatkan problem dari pihak lawan (misalnya: bully, fitnah, pengkhianatan, dll), problem terhadap karir pekerjaan, masalah reputasi, konflik terhadap bawahan dan adanya kebocoran uang. Untuk semester 2 2019, hoki pribadi Jokowi adalah bertambahnya pendapatan yg tidak tetap dan energi kekuasaan meningkat. Jokowi akan mendapatkan dukungan tetapi bersyarat. Adanya potensi konflik dengan bawahan atau para pendukungnya, Problem Dokumen/kontrak/perjanjian, Problem Reputasi dan potensi kehilangan Kesempatan.

Feng Shui Bisnis 2019 juga akan menganalisis bagaimana prospek bisnis di tahun 2019. Bisnis di bidang apa saja yang berpotensi baik dan bisnis apa saja yang cenderung kurang serta solusinya. Dalam bisnis ada 5 elemen dasar yang digunakan untuk mengelompokkan jenis-jenis bidang bisnis, antara lain: Air, Kayu, Api, Tanah, dan Logam. Berikut contoh-contoh bidang bisnis untuk masing-masing elemen:

  • Bidang Bisnis Elemen Air: Transportasi, Shipping, Ekspedisi, Tour & Travel, Komunikasi, Media Massa, Resort, Bisnis Jasa, IT, Minuman, Café
  • Bidang Bisnis Elemen Kayu: Tekstil, Fashion – Pakaian, Kesehatan, Percetakan, Buku, Penerbitan, Kertas, Perhutanan, Perkebunan, Furniture / Meubel, Lifestyle
  • Bidang Bisnis Elemen Api: Keuangan, Pasar Saham, Entertainment – Bisnis Dunia Hiburan, Restoran, Advertising, Asuransi, Kimia, Energi, Elektrik, Penerbangan
  • Bidang Bisnis Elemen Tanah: Property, Konstruksi, Pertambangan, Agraria, Bank, Grosir, Peternakan
  • Bidang Bisnis Elemen Logam: Otomotif, Sparepart, Alat-alat Berat, Perhiasan, Mesin, Money Changer, Hukum, Politik, Perawatan Kulit, Salon, Komputer, Elektronik

Di tahun Babi Tanah, dalam artikel Feng Shui Bisnis 2019 berikut ini, prospek bisnis untuk masing-masing elemen akan dibagi menjadi 2 semester.

Prospek Bisnis untuk Semester 1 2019:

  • Bidang Bisnis yang Bagus: Bidang Bisnis Berelemen Kayu & Api
  • Bidang Bisnis yang Sedang: Bidang Bisnis Berelemen Logam & Tanah
  • Bidang Bisnis yang Kurang: Bidang Bisnis Berelemen Air

Prospek Bisnis untuk Semester 2 2019:

  • Bidang Bisnis yang Bagus: Bidang Bisnis Berelemen Kayu
  • Bidang Bisnis yang Sedang: Bidang Bisnis Berelemen Tanah, Logam & Api
  • Bidang Bisnis yang Kurang: Bidang Bisnis Berelemen Air

Sebagai catatan meskipun bisnis bidang kayu sangat bagus di tahun 2019, tetapi bisnis berhubungan dengan “Kayu Mentah” misalnya : Sawit, Karet, Jati, dll masih terkendala karena tekanan dari pasar global, sedangkan “Kayu Matang” tidak bermasalah misalnya : furniture/meubel, dll.

Di tahun Babi Tanah 2019, para pelaku bisnis disarankan untuk melakukan strategi ekspansi kreatif dan realistis untuk bidang yang bagus. Apabila tidak memungkinkan karena kekurangan modal atau perekonomian yang melambat, maka sebaiknya melakukan strategi Konsolidasi.

Bagi bidang bisnis berelemen Air yang agak kurang di tahun Babi Tanah 2019, disarankan untuk melakukan strategi bertahan, lebih realistis dalam target setidaknya bertahan minimal seperti tahun sebelumnya dan tidak melakukan spekulasi berlebihan. Hal ini mendapatkan pengecualian jika pemilik bisnis memiliki peruntungan pribadi yang sedang bagus dan dikombinasikan dengan Feng Shui tempat usaha yang juga bagus.

Di tahun Babi Tanah 2019, dari sudut pandang Feng Shui, tips bisnis yang dapat dilakukan adalah menerapkan strategi menambah jaringan pergaulan/network atau menambah jalur distribusi dengan menambah agen/sales/jalur marketing/rekan distributor, dsb. Menambah jaringan atau jalur distribusi ini dapat memperluas jangkauan kepada target pasar, tanpa harus mengeluarkan modal atau investasi yang terlalu besar.

Dalam Feng Shui Bisnis 2019 tahun Babi Tanah, karena pikiran yang kurang jernih dan potensi penipuan atau pemalsuan tinggi, disarankan para pelaku bisnis untuk bisa berhati-hati dan tidak terlalu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan terutama jika berurusan dengan uang dalam jumlah yang banyak. Sebaiknya selalu cek terlebih dahulu dan lebih realistis untuk mencegah hal ini. Penipuan yang dimaksud di sini bisa berarti adanya investasi bodong atau potensi berbagai jenis penipuan seperti: kartu kredit, menang sayembara, FinTech, Cryptocurrency/Bitcoin, dll.

Bagi Anda yang senang berinvestasi, jika Anda sedang mengalami Ciong / Clash di tahun 2019, sebaiknya Anda menyerahkan portfolio investasi Anda kepada ahli/pakar/badan investasi yang dapat dipercaya dan dapat mengelola investasi Anda dengan baik. Tentunya Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk memilih pengelola investasi terbaik untuk Anda sendiri. Kembali lagi kami menyarankan untuk berhati-hati terhadap skema investasi yang sangat menggiurkan atau kurang logis dengan imbal balik sangat besar di tahun Babi Tanah 2019.

Untuk mengetahui apakah Shio Anda terkena Ciong / Clash di tahun Babi Tanah 2019, lengkap beserta solusinya, silahkan dicek di artikel berikut:

Ramalan Shio 2019 – Ciong & Solusinya

Bagi Anda yang berkarir, disarankan untuk lebih fleksibel dalam menjalankan tahun Babi Tanah 2019, perbaiki kebiasaan menunda untuk mengantisipasi potensi perlambatan yang akan terjadi. Juga disarankan untuk memperluas jaringan / network pribadi agar kesempatan baik juga semakin terbuka luas.

Demikian artikel Feng Shui Bisnis 2019 tahun Babi Tanah: Ekonomi Dunia dan Indonesia ini. Semoga bermanfaat. Kami mengucapkan kepada para pembaca Semoga Semakin Makmur dan Sukses di tahun Babi Tanah 2019. Salam Sejahtera !

Baca artikel kami seputar Tahun Babi Tanah 2019 yang menarik lainnya:

Untuk mengetahui ramalan peruntungan Shio Anda di tahun Babi Tanah 2019:

Ramalan Peruntungan Shio 2019 Tahun Babi Tanah

Bagaimana tahun Babi Tanah 2019 secara umum:

Prediksi Umum Feng Shui 2019 Tahun Babi Tanah

Tips praktis pengaturan Feng Shui Rumah di tahun Babi Tanah 2019:

Feng Shui Rumah 2019 – Tips Praktis Rumah Lebih Hoki Tahun Babi Tanah

Follow / like / subscribe Media Sosial kami untuk berbagai tips & pengetahuan Feng Shui meningkatkan peruntungan Anda. Klik link berikut:

Facebook: Feng Shui Consulting Indonesia

Instagram: @fengshui.co.id

Youtube: Feng Shui Consulting Indonesia

Twitter: @fengshuicoid

Yulius Fang

Yulius Fang adalah seorang Pakar, Konsultan, Praktisi, Periset dan Pembicara Feng Shui Profesional di Indonesia. Beliau mendapatkan sertifikasi tingkat tinggi dari beberapa Grand Master Feng Shui terbaik dari berbagai negara

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *