Apa itu Shio ?

Shio adalah

Shio (生肖 Shēng Xiào) adalah lambang binatang yang digunakan dalam Astrologi China untuk menunjukkan waktu tahun kelahiran seseorang dan sifat elemennya, dalam siklus 12 tahunan. Shio dikenal juga dengan sebutan Zodiak China atau Chinese Zodiac. Pada zaman dahulu di China, penyebutan waktu (tahun, bulan, hari & jam) tidak menggunakan angka, tetapi menggunakan komponen lambang 12 binatang ini dan sifat elemennya. Lambang binatang bertujuan membuat penyebutan waktu menjadi lebih mudah diingat oleh rakyat yang pada saat itu sebagian besar masih belum mengenal aksara mandarin dan tidak mengenyam bangku pendidikan.

Seperti Astrologi Barat (Western Astrology/Zodiac) yang terdiri dari 12 lambang horoskop (Aries, Taurus, Gemini, Cancer, dst), Shio dalam Astrologi China ini juga terdiri dari 12 jenis lambang binatang. 12 Shio ini selalu muncul secara berurutan yaitu Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi. 12 Shio dikenal juga dengan istilah Cabang Bumi dalam metode Astrologi China yang terkenal yaitu Analisis BaZi (8 karakter / 8 aksara).

Apa itu BaZi? Silahkan klik http://www.fengshui.co.id/knowledge/what-is-ba-zi

Dalam Metafisika China, terdapat 5 Elemen yaitu Air, Kayu, Api, Tanah, Logam, yang dipadukan dengan Yin & Yang akan menghasilkan komponen 10 Batang Langit dan komponen 12 Cabang Bumi (Shio) yang digunakan dalam Kalkulasi / Analisis BaZi. Bila kedua komponen 10 Batang Langit dan 12 Cabang Bumi ini dikombinasikan maka akan menghasilkan 60 kombinasi (Jia Zi). Ini karena 1 Batang Langit akan selalu berpasangan dengan 1 Cabang Bumi yang polaritasnya sama (Yang berpasangan Yang, Yin berpasangan Yin). Dengan demikian bila menggunakan patokan tahunan, maka setiap tahunnya 60 kombinasi ini akan muncul secara berurutan, menjadi sebuah siklus 60 tahunan, terus berulang sampai saat ini.

Contoh penerapannya, dalam tahun 2018 menurut Hsia Kalendar adalah Tahun Anjing Tanah (terdiri dari 1 Shio/Cabang Bumi: Anjing & 1 Batang Langit: Tanah), kemudian selanjutnya di tahun 2019 adalah Tahun Babi Tanah (1 Shio/Cabang Bumi: Babi & 1 Batang Langit: Tanah), dan seterusnya. Bagi yang lahir di tahun 2018, maka dikenal memiliki Shio Anjing, lebih lengkapnya adalah Shio Anjing Tanah, dan lahir di tahun 2019 memiliki Shio Babi Tanah.

Shio Tahunan / Shio Tahun Lahir mempunyai siklus berulang 12 tahunan tetapi dengan komponen 5 elemen berbeda, sehingga bila di tahun 2018 adalah Tahun / Shio Anjing Tanah, maka di tahun 2030 adalah Tahun / Shio Anjing Logam, di tahun 2042 adalah Tahun / Shio Anjing Air, di tahun 2054 adalah Tahun / Shio Anjing Kayu, di tahun 2066 adalah Tahun / Shio Anjing Api, dan di tahun 2078 kembali lagi menjadi Tahun / Shio Anjing Tanah.

Dengan pengulangan siklus 12 tahunan dan siklus 5 elemen di dalamnya, akan membuat shio sama berulang dalam setiap 60 tahun. Contohnya tahun 2018 adalah tahun Anjing Tanah, maka 60 tahun yang lalu, tahun 1958 adalah tahun Anjing Tanah dan 60 tahun yang akan datang yaitu 2078 akan menjadi tahun Anjing Tanah juga.

Pada dasarnya, 12 Shio lambang binatang ini lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai tahun kelahiran saja. Namun sebenarnya dalam Hsia Kalendar, komponen Shio lambang binatang ini lengkap penyebutan elemennya dalam jam, hari, bulan dan tahun. Contohnya: ada tahun Anjing Tanah, ada bulan Anjing Tanah, ada hari Anjing Tanah dan ada juga jam Anjing Tanah, dst.

Dengan mendapatkan lengkap pemetaan Shio di jam, hari, bulan dan tahun dari data tempat, tanggal, jam lahir seseorang, maka akan dapat dianalisis sifat dan hubungan antar elemen untuk mengetahui informasi peruntungan pribadi seseorang, berbagai aspek kehidupan seseorang, potensinya dari kepribadian, keuangan, rezeki, bisnis, karir, kesehatan, hubungan keluarga sampai hubungan asmara.

Hal ini bisa didapatkan dengan menggunakan layanan Analisis BaZi, klik:

http://www.fengshui.co.id/services/bazi-life-analysis

Dengan demikian, analisis Shio yang mengandalkan tahun kelahiran saja, sebenarnya masih belum akurat. Secara ilmiah, orang yang lahir di tahun yang sama (misalnya teman sekolah) tidak mungkin mengalami kesialan dan keberuntungan yang sama semuanya secara bersamaan. Namun, jika menganalisis lengkap dari faktor tempat, tahun, bulan, hari dan jam lahir seseorang maka akan didapatkan jutaan kemungkinan yang membedakan peruntungan seseorang dengan yang lain, meskipun lahir di tahun yang sama.

Analisis Ramalan Peruntungan Shio Tahunan yang beredar dalam masyarakat secara umum hanya memberikan gambaran sederhana/ringan, apa yang akan dihadapi seseorang pada tahun tersebut. Ramalan Peruntungan Shio meskipun kurang akurat, kadang bila hasil analisis berasal dari seorang Ahli Astrologi / Feng Shui, maka masih bisa dijadikan panduan umum mengenai apa yang sebaiknya diantisipasi di tahun tersebut. Namun untuk mendapatkan keakuratan lebih tinggi, maka sebaiknya menggunakan analisis BaZi yang lengkap mencakup tempat, jam, hari, bulan dan tahun kelahiran.

Penggunaan lain Shio ini dalam budaya masyarakat Tionghoa adalah dalam urusan asmara. Orang tua seringkali berusaha mencarikan pasangan yang bershio cocok dengan anaknya. Karena memang dalam Shio ini, ada juga yang dikenal dengan Ciong / Clash, biasanya adalah Shio berbeda 6 tahun dan kelipatannya. Dipercaya bahwa dua orang yang Shio-nya Ciong / Clash berarti mereka akan tidak cocok, akan sering bertengkar atau mengelami konflik. Apa itu Ciong / Clash, dapat dibaca di sini: Fakta Seputar Ciong / Clash

Pada dasarnya, dalam hal kecocokan atau hubungan asmara, kecocokan antara 2 orang yang dinilai hanya berdasarkan Shio tahun kelahiran saja, adalah kurang akurat dan terlalu umum. Masih ada faktor bulan, hari dan jam yang sebaiknya diperhitungkan. Kadang ada juga pasangan yang Shio-nya mengalami Ciong / Clash tetapi tetap mendapatkan keharmonisan dan kelancaran. Kembali lagi bahwa hanya analisis BaZi yang lengkap yang bisa memberikan hasil analisis lebih akurat mengenai kecocokan antara 2 orang. Nantikan artikel kami berikutnya untuk Shio yang berhubungan dengan hubungan asmara ini.

Shio adalah salah satu metode untuk menganalisis kehidupan/hoki seseorang, berasal dari cabang ilmu metafisika China yang berumur ribuan tahun, membawa kebijaksanaan dan penjelasan ilmiah untuk memberikan panduan dalam hidup. Penggunaan Shio yang tepat dan dengan analisis yang benar, akan memberikan hasil yang akurat dan lebih bermanfaat.

Demikian penjelasan mengenai Apa itu Shio, semoga bermanfaat dan memberikan wawasan yang lebih luas.

Artikel yang berhubungan:

Bagaimana Menganalisis Peruntungan Seseorang Secara Akurat

Keberuntungan Langit, Manusia & Bumi

Mau tahu peruntungan Shio Anda di tahun berjalan, link ada di bawah:

Tahun 2019 Tahun Babi Tanah

Tahun 2018 Tahun Anjing Tanah

Tahun 2017 Tahun Ayam Api

Tahun 2016 Tahun Monyet Api

Follow / like / subscribe Media Sosial kami untuk berbagai tips & pengetahuan Feng Shui meningkatkan peruntungan Anda. Klik link berikut:

Facebook: Feng Shui Consulting Indonesia

Instagram: @fengshui.co.id

Youtube: Feng Shui Consulting Indonesia

Twitter: @fengshuicoid

Yulius Fang

Yulius Fang adalah seorang Pakar, Konsultan, Praktisi, Periset dan Pembicara Feng Shui Profesional di Indonesia. Beliau mendapatkan sertifikasi tingkat tinggi dari beberapa Grand Master Feng Shui terbaik dari berbagai negara

Latest posts by Yulius Fang (see all)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *