Festival Cheng Beng – Lestari Memorial Park Karawang

qing ming festival

Festival Cheng Beng adalah festival tradisional Tionghoa di hari ke 15 setelah equinox (saat di mana siang & malam memiliki durasi sama persis) musim semi, yaitu antara 4 atau 5 April di setiap tahun. Pengucapan lain dalam berbagai bahasa tradisional Cina adalah Cing Ming, Chi Mia, atau Cheng Beng. Festival Cheng Beng juga dikenal sebagai Hari Pembersihan Makam atau Qing Ming (dibaca Ching Ming).

Selama festival Cheng Beng ini, warga Tionghoa mengunjungi kolombarium atau kuburan untuk mendoakan leluhur mereka. Tua dan muda bersembahyang kepada leluhur, membersihkan kuburannya, dan menyajikan makanan, teh, anggur, sumpit, kertas sembahyang, dan atau persembahan lainnya.

Festival Cheng Beng 2017 di Lestari Memorial Park Karawang diselenggarakan pada tanggal 1 & 2 April 2017 yang lalu. Pada Festival Cheng Beng tersebut, keluarga dan kerabat yang datang berziarah mengunjungi makam keluarga berkesempatan untuk mendapatkan minuman segar air kelapa gratis yang berlimpah. Keluarga dapat berkumpul dan rehat sejenak menikmati minuman segar setelah berziarah di siang hari yang cukup terik, menambah keakraban.

Pada Festival Cheng Beng 2017 tersebut, Lestari Memorial Karawang telah mengundang ahli Feng Shui Indonesia – Yulius Fang untuk turut memeriahkan dan membagikan wawasan pengetahuan mengenai Feng Shui Makam dalam beberapa kali sesi Feng Shui Talks. Dalam Feng Shui Talks tersebut, ahli Feng Shui Indonesia – Yulius Fang, menjelaskan bahwa Feng Shui Makam adalah salah satu faktor penting dalam Feng Shui karena akan berpengaruh pada anak keturunan sang almarhum yang dimakamkan. Selain lokasi dan menggunakan pengaturan Feng Shui yang baik agar memberikan manfaat keberuntungan bagi anak keturunan yang makmur, makam juga perlu untuk dirawat secara rutin. Oleh karena itu, kebiasaan mengunjungi makam seperti Festival Cheng Beng adalah sangat baik. Saat berziarah mengunjungi makam, kerabat dan keluarga bisa membersihkan, merawat dan memastikan makam berada dalam kondisi yang baik. Kondisi makam yang dimaksud misalnya batu nisan tidak retak, makam tidak becek atau berlumut dan lain sebagainya.

Pengalaman Festival Cheng Beng 2017 di Lestari Memorial Park Karawang yang lalu sangat berkesan bagi kami karena terlihat banyak kerabat keluarga berkumpul penuh keakraban dan dengan nyaman berkat berbagai fasilitas kemudahan dari Lestari Memorial Park Karawang.

Terima kasih Lestari Memorial Park Karawang atas undangannya dan para audiens yang telah menghadiri sesi Feng Shui Talks kami. Sampai bertemu di lain kesempatan :)

Yulius Fang

Yulius Fang adalah seorang Pakar, Konsultan, Praktisi, Periset dan Pembicara Feng Shui Profesional di Indonesia. Beliau mendapatkan sertifikasi tingkat tinggi dari beberapa Grand Master Feng Shui terbaik dari berbagai negara

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *